Tidur Juga Penting Untuk Diet dan Turun Berat Badan

Tidur Juga Penting Untuk Diet dan Turun Berat Badan

Menurut Anda mana yang lebih penting? Menjalankan tidur lama untuk memenuhi pola tidur yang normal, atau memperpendek waktu tidur agar esoknya dapat bangun lebih pagi dan berolahraga lebih lama?

Mungkin sebagian besar jawaban Anda adalah mengurangi jam tidur agar waktu berolahraga jauh lebih lama. Taukah Anda? Beberapa pakar kesehatan dunia mengatakan bahwa untuk memperoleh hasil program diet yang maksimal, Anda justu tidak boleh mengurangi waktu tidur Anda demi menjalankan olahraga di pagi hari. Mengapa demikian?

Tidur Juga Penting Untuk Diet dan Turun Berat Badan

Tidur dengan Komposisi Tubuh : Usaha dalam menyeimbangkan komposisi di dalam tubuh,khususnya dalam mengurangi kadar lemak tubuh , menjalankan pola makan yang baik dan sehat, olahraga teratur, serta menjaga kualitas tidur yang cukup merupakan yang terpenting. Tidur yang berkualitas dapat membantu mengembalikan badan serta pikiran Anda kembali. Selain itu, tidur berkualitas juga mempengaruhi kondisi hormon yang berhubungan langsung dengan nafsu makan yang sangat berpengaruh dalam program diet Anda.

Tidur dengan Hormon Pertumbuhan : Salah satu hormon penting dalam tubuh adalah hormon pertumbuhan, hormon penting dalam mendukung recovery tubuh, menjaga kestabilan kadar lemak tubuh, serta menjaga daya tahan tubuh juga akan keluar bersama ketika Anda sedang tidur.

Menjalankan olahraga teratur memang harus. Namun bukan berarti Anda mengesampingkan waktu tidur Anda dan menggantinya dengan olahraga yang lebih banyak.Jauh lebih optimal ketika melakukan olahraga teratur dan mengatur pola makan serta tetap menjaga kualitas tidur yang normal.

Tidur dengan Nafsu Makan : Public Library of Science menjelaskan bahwa pada studi yang dilakukan di tahun 2004 telah membuktikan bahwa mereka yang memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam dalam sehari,cenderung jauh memiliki nafsu makan yang lebih besar dibandingkan mereka yang menjalankan waktu tidur normal.Taukah Anda mengapa ?

Hal ini dikarenakan oleh leptin dan ghrelin, 2 hormon utama pengatur nafsu makan. Leptin merupakan hormon yang dihasilkan oleh sel lemak didalam tubuh, sedangkan ghrelin merupakan hormone yang dihasilkan dari lambung.

Ketika Anda kurang tidur, kadar leptin akan menurun. Sebaliknya kadar ghrelin akan meningkat dan inilah yang menjadikan Anda menjadi cepat lapar.Selain membuat nafsu makan akan karbohidrat tinggi meningkat, juga menjadikan Anda cenderung mengonsumsi makanan yang manis-manis.Dan akhirnya menjadikan diet Anda rusak.