Cara Membakar Lemak Yang Benar, Apakah Cara Anda Sudah Benar?

Cara Membakar Lemak Yang Benar, Apakah Cara Anda Sudah Benar?

Menurut sebagian banyak orang, ketika kita mengeluarkan keringat saat berolahraga berarti kita telah berhasil membakar lemak di dalam tubuh.Apakah itu berarti ketika kita semakin banyak mengeluarkan keringat, semakin banyak pula lemak didalam tubuh yang terbakar? Ternyata tidak.

Cara Membakar Lemak Yang Benar, Apakah Cara Anda Sudah Benar

Memang benar bahwa ketika kita berolahraga, lemak didalam tubuh terbakar. Tapi itu karena latihan yang Anda lakukan, bukan karena banyaknya keringat yang keluar.

Apa Sih Keringat Itu? Keringat merupakan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar dalm kulit Anda. Kandungan utama pada keringat berupa air, garam (natrium klorida), mineral, laktat, dan urea.

Ketika Anda berkeringat itu berarti tubuh Anda sedang melakukan proses mekanisme tubuh dalam menjaga suhu tubuh pada tahap optimal yang juga merupakan reaksi tubuh yang panas sehingga  tubuh berusaha mendinginkannya. Disitulah tubuh akan mengeluarkan panas dan menurunkan suhu di dalam tubuh.

Faktor yang Mempengaruhi Keringat. Kondisi berkeringat setiap orang berbeda-beda tergantung oleh banyak faktor, seperti jenis kelamin, kelembaban lingkungan, suhu, faktor genetik, kondisi emosional/stress,aktivitas fisik dan juga faktor penyakit serta penggunaan obat-obatan tertentu.

Ketika berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lain, disitulah saat Anda mengalami proses pembakaran lemak dan berkeringat

Pembakaran Lemak dan Keringat. Sekarang kita tahu bahwa banyak keringat bukan berarti banyak membakar lemak.Dan untuk kadar keringat yang dikeluarkan, setiap orang memiliki perbedaan tergantung pada berat dan lamanya aktivitas fisik yang dilakukan. Dan berkeringat merupakan mekanisme tubuh dalam  menjaga suhu tubuh.

Lemak yang terbakar dalam tubuh saat kita berolahraga akan diubah menjadi energi . Dan ketika proses mengubah menjadi energi, tubuh akan mengeluarkan panas yang secara otomatis tubuh juga akan bereaksi untuk menurunkan suhu tubuh dengan berkeringat.

Pada sebuah penelitian yang telah dilakukan di Jepang, ternyata pria jauh lebih banyak mengeluarkan keringat dibandingkan wanita ketika sedang berolahraga.Namun sekali lagi, itu semua tidak ada hubungannya dengan lemak yang terbakar maupun dengan intensitas olahraga yang Anda lakukan.

Awas Dehidrasi!!! Mungkin banyak kita ketahui beberapa orang yang berolahraga dengan menggunakan baju super tebal agar lebih banyak berkeringat. Padahal itupun sama sekali tidak mempengaruhi pembakaran lemak dan kalori didalam tubuh lebih banyak.Justru keringat yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau yang biasa disebut dehidrasi.

Ketika tubuh kehilangan 2% dari total air tubuh dapat menjadikan Anda mengalami kelelahan yang berat. Bahkan tubuh yang kehilangan cairan lebih dari 15%, dapat berakibat fatal yaitu kematian.

Last Visit: